NO. |
KOMPETENSI |
INDIKATOR |
1. |
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan,
manfaat tumbuhan dan hewan bagi
manusia, serta upaya pelestariannya. |
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu |
|
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar
pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut |
|
|
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan |
|
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian
hewan/tumbuhan |
2. |
Memahami p erkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur
hidup hewan |
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya |
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan |
3. |
Memahami s aling k etergantungan
antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
|
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk
hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
|
|
Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi
makhluk hidup di sekitarnya. |
4. |
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia
dalam keseimbangan lingkungan |
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
5. |
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan
fungsinya, serta mampu
mengidentifikasi kebutuhan tubuh
agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan |
|
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan. |
|
|
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk |
|
|
Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu
sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
|
|
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar |
|
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia |
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia |
|
|
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia |
6. |
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan
kegunaan, serta pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari |
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi |
|
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar
benda tertentu |
|
|
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada
kegiatan tersebut
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi
pada suatu kegiatan/peristiwa |
7. |
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta
manfaatnya dalam kehidupan sehari-
hari.
|
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan |
|
|
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah
gerak/bentuk/arah suatu benda |
|
|
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai
digunakan. |
|
|
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut |
|
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
|
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi |
|
|
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari. |
|
|
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu
saklar diputus/disambung
|
8. |
Mendeskripsikan b erbagai j enis
sumber daya alam, perubahan yang
terjadi dalam pengunaannya, serta
dampaknya bagi kehidupan. |
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah |
|
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam |
|
|
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb) |
|
|
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui |
9. |
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi |
|
|
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana
matahari/bulan. |
|
|
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar